Cara Melancarkan Haid dan Menstruasi Secara Alami

Siklus mentruasi merupakan perubahan fisiologis pada diri wanita yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satu faktornya yaitu terjadi pendarahan hormon LH-Progesteron dan FSH-Estrogen pada endometrium secara rutin di setiap bulannya. Pendarahan ini juga disebut peluruhan dinding rahim wanita.

Menstruasi akan tiba saat seorang wanita menginjak masa puberitas di kisaran usia 9-17 yang akan berlangsung pada bulan-bulan berikutnya.

Ketika seseorang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, berarti ada kelainan yang sedang menimpanya.

Biasanya, akan timbul kekhawatiran dalam diri seputar pertanyaan:

  • Kelainan apa yang sedang Saya alami?
  • Apakah kelainan ini masih tergolong normal?
  • Apa yang harus Saya lakukan?
Cara Melancarkan Haid dan Menstruasi

Ketiga pertanyaan ini sering menghantui pikiran wanita, untuk menjawab ketiga hal tersebut, akan kami uraikan secara bertahap apa saja yang harus diperhatikan.

Perlu kami tekankan di awal bahwa seseorang yang dikatakan memiliki siklus haid yang tidak lancar berarti ia memiliki darah kotor yang tertumpuk pada rahim.

Darah kotor ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, sebagaiamana yang akan kami sebutkan pada paragraf selanjutnya.

Pada Umumnya, ketidakancaran haid dapat diatasi dengan mengkonsumsi beberapa makanan atau minuman sehat, sehingga Anda tidak perlu repot untuk memeriksakan diri ke dokter.

Berbeda dengan ketidaklancaran menstruasi yang dipicu oleh penyakit tertentu yang mengharuskan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis.

Pada tulisan ini, sahabat arwini akan kami pandu dalam mengatasi haid dengan penggunaan bahan alami. Termasuk diantaranya rekomendasi makanan untuk memperlancar Haid.

Namun untuk melakukan panduan ini, ada baiknya sahabat arwini memiliki gambaran sederhana seputar gangguan menstruasi serta penyebab yang memicunya.

Faktor yang Mempengaruhi Gangguan Menstruasi

Sebagaimana yang kami sebutkan di awal, Menstruasi tidak lancar dipengaruhi oleh beberap faktor. Di antaranya: kelebihan berat badan, melakukan pola diet yang salah, ketidakesimbangan hormon estrogen dan progesterone, terdapat penyakit, dll.

Secara rinci, faktor ketidaklancaran haid telah kami jelaskan pada artikel 15 Penyebab Haid tidak lancar. Namun akan kami uraikan lebih sederhana, penyebab umum yang memicunya, diantaranya:

1. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu menstruasi yang tidak teratur. diantara yang mempengaruhinya yaitu: obat-obatan, gaya hidup, perimenopause, sakit, tiroid, dan sindrom polikistik ovarium.

2. Tidak Teratur Karena Stres

Memikirkan banyak hal akan mempengaruhi kondisi tubuh yang tidak sehat. Salah satunya berdampak pada periode menstruasi yang berubah-rubah.

Kelenjar adrenal akan mengeluarkan kortisol jika kondisi tubuh dan pikiran tidak stabil.

Kondisi pikiran yang tidak stabil akan berpengaruh pada hormon estrogen, progestrogen, dan penurunan gonadotropin relasing hormone (GnRH) yang memperlambat terjadinya menstruasi (ovulasi).

3. Tidak Lancar Karena Penyakit

Salah satu tanda menstruasi tidak teratur disebabkan oleh penyakit yang terdapat pada saluran reproduksi.

Di antara penyakit tersebut adalah kista, polip, fibroid, infeksi pada saluran reproduksi, kelainan genetik, endometriosis, dan sindrom polikistik ovarium.

Ketiga hal ini adalah faktor utama yang menyebabkan haid terganggu.

Hal ini dapat diartikan: saat seseorang bisa mendeteksi apa penyebab haidnya terganggu maka ia akan mudah mengatasinya.

Sebagai contoh, saat Anda mengalami haid yang tidak tertarur namun sebelumnya berjalan nomal/lancar.

Perhatikan kegiatan yang sedang Anda lakukan beberapa hari belakangan (seminggu hingga dua minggu sebelumnya).

Jika Anda sedang menjalankan program diet, berarti ada kemingkinan hal tersebut yang memicunya. Kurangi aktivitas diet yang Anda lakukan.

Begitu juga saat Anda mengetahui bahwa beberapa minggu belakangan ada banyak aktivitas yang melelahkan, hingga membebani pikiran.

Kurangi aktivitas tersebut, jernihkan pikiran agar tidak menimbulkan stres.

Cara Melancarkan Haid dan Menstruasi Secara Alami

Melancarkan haid secara alami dan aman dapat kita jumpai disekeliling kita, baik dari ramuan obat tradisional maupun obat kimia yang tersedia di apotik.

Jika Anda merasa sangat memerlukan obat ini, maka langkah yang tepat yaitu mengunjungi dokter untuk mengkonsltasikan obat yang tepat dengan permasalahan haid yang sedang dialami.

Berbeda jika Anda tidak yakin dengan efek samping yang ditimbulkan obat tersebut. Anda dapat menggunakan tips melancarkan haid di bawah ini.

Sebagaimana yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa haid yang tak kunjung datang akan membuat keresahan pada wanita.

Hal tersebut dapat diatasi dengan meminimalisir penyebab terjadinya haid, sebagaimana yang telah kami ilustrasikan pada paragraf sebelumnya.

Selain memperhatikan penyebab haid tidak lancar, ada langkah lain yang harus dilakukan bilamana menghindari penyebabnya tidak memberikan dampak pada permasalahan haid yang sedang terjadi.

Langkah-langkah tersebut, kami ringkas ke dalam 2 bagian. Pertama: Kegiatan sehari-hari untuk memperlancar haid; Kedua: Jenis makanan untuk memperlancar haid.

1. Olahraga Teratur

Membangun rutinitas berolahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, selain itu olahrag yang tepat dapat melancarkan haid yang tidak teratur.

Banyak olahraga yang berguna untuk kelancaran menstruasi seperi yoga, jalan kaki dan joging. Olahraga yang dimaksudkan di sini adalah jenis olahraga yang ringan yang mudah dilakukan.

2. Istrahat yang Cukup

Istrahat memberikan peranan penting dalam menjaga kebugaran tubuh, selain itu istrahat juga dapat membantu dalam menghindari stress.

Jangan memikirkan banyak hal yang dapat memicu strees, karena hal tersebut tidak baik untuk kelancaran haid.

Istirahat yang cukup dilakukan untuk memberikan hak tubuh yang telah bekerja keras seharian.

3. Pola Makan Sehat

salah satu faktor penting untuk kelancaran menstruasi adalah mengatur pola makan sehat.

Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sangat berguna bagi kesahatan dan dapat memperlancar haid.

Sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan vitamin, serat tinggi dan zat besi sangat berguna untuk melancarkan haid.

4. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat akan membantu Anda mendapatkan kesehatan prima, tarmasuk juga dapat mengurangi masalah yang sedang Anda hadapi saat ini.

Untuk itu, hindari merokok, kurangi kafein, hindari alkohol dan yang lainnya yang dapat membuat hidup Anda tida sehat.

5. Makanan Mempercepat Haid

Sebagaimana yang kami singgung pada peragraf di atas, selain mengetahui penyebab haid, melakukan aktivitas yang memperlancar haid, Anda juga perlu mengatur makanan yang akan dikonsumsi.

Inilah beberapa makanan yang dapat mempercepat siklus menstruasi Anda, Konsumsi dalam jumlah yang banyak dan pilih sesuai kebutuhan!

1. Buah-Buahan

Jika haid tidak kunjung datang sebaiknya anda mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya dengan nutrisi dan vitamin.

Salah satu diantara sekian banyak buah-buahan yang dapat membantu anda melancarkan haid adalah buah pepaya dan nanas.

2. Asam Jawa

Asam Jawa berguna untuk mengencerkan darah haid yang menggumpal, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri haid. selain itu asam jawa tersebut dapat melancarkan haid.

Obat alami ini dapat Anda temukan di supermarket. Baik yang berbentuk minuman ataupun permen.

3. Cuka Apel

Cuka apel sangat ampuh mempercepat proses menstruasi anda.

Cuka apel ini dapat langsung diminum dengan cara menyeduhnya ataukah dicampur dengan buah-buahan yang dijadikan sebagi saus salad.

CATATAN SEPUTAR KELANCARAN HAID, NORMALKAH ATAU TIDAK?

Sering terjadi kesalahpahaman dikalangan wanita yang berusia pertengahan produktif, mereka tidak mengetahui perihal perdarahan menstruasi yang terjadi di sepanjang 20-40 hari atau setara dengan median panjang siklus 28 hari.

Wanita yang mempunyai siklus ovulatorik, yang biasa digambarkan dengan menstruasi yang terjadi antara permulaan menstruasi sampai mengalami ovulasi (fase folikular), akan mengalami perdarahan bervariasi.

Perdarahan ini bervariasi anatara 4 hari, 6 hari, hingga 8 hari. Variasai ini masih dapat dikategorikan normal.

Darah yang keluar dari proses menstruasi meliputi beberapa fragmen kelupasan endroterium yang berkumpul dengan darah yang tidak dapat diketahui jumlahnya.

Terkadang darah yang keluar berbentuk cairan dan terkadang juga berbentuk gumpalan (membeku). Hal ini disebabkan oleh sistem fibrinolitik yang masih beraktifitas dalam endoterium.

Beberapa peneliti menyebutkan darah haid pada wanita nomal dalam satu periode menstruasi sebanyak 25 hingga 60 ml.

Untuk menghindari kebingungan seputar menstruasi normal dan tidak normal akan kami uraikan secara sederhana di bawah ini.

a. Siklus Menstruasi Normal

Siklus haid normal, mulai kita hitung pada hari pertama menstruasi sampai menjelang menstruasi di setiap bulan.

Sebagian besar wanita akan mengalami siklus haid normal terjadi sekitar 28 hari. Siklus haid normal biasa dipengaruhi oleh praovulasi yang berbeda pada tiap wanita.

Meskipun demikian, ada sebagian wanita yang mengalami perubahan siklus namun tetap dalam kategori normal.

b. Siklus Menstruasi Tidak Normal

Ketidaknormalan siklus haid dapat diperhatikan melalui frekuensi waktu menstruasi, bentuk darah, hingga warna darah.

Beberapa kasus yang memungkinkan haid dikategorikan tidak normal:

Bagi seorang wanita yang mengalami pendarahan berlarut-larut hingga 36 hari atau lebih dari itu.

Bagi wanita yang tidak mengalami haid selama 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan hingga berbulan-bulan.

Bagi wanita yang memiliki bentuk darah hitam kecoklatan, hitam keabu-abuan dan dalam jumlah yang banyak.

Dalam kasus yang sedang Anda alami, terkait dengan kelancaran haid berarti ia termasuk ke dalam kategori haid tidak normal dengan frekuensi waktu yang relatif lama.

Jika Anda baru pertama kali mengalami hal ini, Jangan langsung panik karena bisa saja hal ini masih tergolong ke dalam haid yang normal.

Berbeda jika frekuensi haid yang Anda alami telah berualang mengalami keterlambatan (seperti tidak haid selama 3 bulan), segera konsultasikan ke dokter jika memungkinkan.

Penanganan Khusus

Saat semua panduan di atas telah dilakukan, menghindari penyebab haid mengalami keterlambatan, melakukan aktivitas memperlancar haid, serta mengkomsusi makanan rekomendasi yang telah kami sebutkan. Namun solusi di atas tidak memberikan hasil postif (mengatasi masalah yang Anda hadapi), Segera konsultaskian ke dokter, karena bisa saja hal itu dipengaruhi oleh penyakit yang sering mengiringinya.

Demikianlah Cara Melancarkan Haid dan Menstruasi Secara Alami yang dapat Anda coba dalam kehidupan sehari-hari. Mudahan Membantu.

0 Response to "Cara Melancarkan Haid dan Menstruasi Secara Alami"

Posting Komentar