10 Hal yang Perlu Ditanyakan Sebelum Menyewa Jasa Instalasi Listrik

Instalasi listrik di rumah harus terpasang berdasarkan prosedur dan standar yang sudah ditetapkan pemerintah. Sebagai orang yang tidak bergelut di bidang kelistrikan, tentu akan sulit bagi kita untuk memasang listrik sendirian. Akan lebih baik apabila kita mencari penyedia jasa instalasi listrik.

Penyedia jasa instalasi listrik memiliki peran yang sangat penting. Bila mereka bekerja dengan efektif, kita akan terhindari dari resiko kebakaran yang dapat menimpa rumah kita. Selain itu, pemasangan instalasi listrik yang benar juga membuat kita terhindari dari pengeluaran biaya tambahan. Karena itu, sebelum menyewa jasa instalasi listrik, ajukanlah 10 pertanyaan ini ke penyedia jasa!


1. Apakah Anda memiliki lisensi?

Untuk bisa bekerja, penyedia jasa instalasi listrik harus memiliki lisensi resmi yang dikeluarkan pemerintah. Sebelum memperoleh lisensi, tukang listrik harus terlebih dahulu mengikuti pelatihan. Biasanya, pelatihan diberikan selama 6 hari. Setiap harinya, tukang listrik dilatih dengan jenis keterampilan yang berbeda. Selain mengasah keahlian, pelatihan tukang listrik juga bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Di Indonesia sendiri, sertifikasi tukang listrik dapat diperoleh apabila tukang listrik sudah memiliki pengalaman lebih dari dua tahun.

2. Apakah Anda memiliki asuransi pekerja?

Seperti pekerja konstruksi, pekerja bidang kelistrikan juga memiliki resiko kecelakaan kerja yang besar. Oleh sebab itu, pastikan teknisi yang bertugas di rumah kita telah dilindungi asuransi. Bila terjadi hal yang tidak diharapkan, asuransi tersebutlah yang mengganti biaya perawatan sang teknisi.

3. Jenis pekerjaan apa yang paling sering Anda lakukan?

Seperti kebanyakan kontraktor, tukang listrik biasanya juga memiliki keahlian di bidang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tanyakanlah jenis pekerjaan yang paling sering mereka lakukan. Apabila mereka sering melakukan jenis pekerjaan yang kita butuhkan, jangan ragu untuk menyewa jasanya.

4. Apakah Anda memiliki pengalaman ataupun pelatihan yang berhubungan dengan kelistrikan?

Selain pengalaman, jenis pelatihan yang diikuti tukang listrik juga penting untuk kita ketahui. Akan menjadi nilai plus bila mereka pernah melakukan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan kita.  Misalnya saja ketika kita membutuhkan pekerjaan yang spesifik seperti peralatan bertenaga solar, sistem otomatisasi, serta sistem keamanan rumah.

5. Apakah Anda bersedia memberikan referensi konsumen-konsumen terdahulu Anda?

Menilai kemampuan penyedia jasa tentu akan sulit apabila tidak pernah melihatnya secara langsung. Untungnya, kita memiliki dapat menanyakan hal ini melalui referensi, yakni konsumen yang dulu pernah menyewa jasa yang sama.

6. Hal apa saja yang termasuk ke dalam estimasi biaya?

Anggaran juga termasuk salah satu hal yang perlu ditanyakan ketika memilih tukang listrik. Selain menanyakan tarif dasar, tanyakan juga tarif biaya tambahan yang dapat dikenakan. Misalnya seperti biaya penyambungan, penggantian sekering, serta hal lainnya yang berhubungan dengan listrik.

7. Apakah saya memerlukan izin? Kepada siapa saya menyerahkannya?

Listrik merupakan salah satu sumber energi yang dikelola negara. Oleh karena itu, pemasangan listrik di rumah baru haruslah mengacu pada aturan yang berlaku. Kita harus berhati-hati agar tidak melakukan pelanggaran listrik. Namun, apabila layanan yang dibutuhkan hanyalah berupa perbaikan, biasanya kita tidak memerlukan izin lagi.

8. Siapa yang akan memasang instalasi listrik di rumah saya?

Meskipun kita sudah melakukan konsultasi dengan teknisi, belum tentu teknisi tersebut yang akan melakukan pemasangan listrik. Cobalah konfirmasikan ulang teknisi mana yang akan mendatangi rumah kita. Pastikan juga teknisi tersebut juga sudah memenuhi kualifikasi untuk mengerjakan kebutuhan kita.

9. Garansi apa yang diberikan kepada saya?

Penyedia jasa intalasi listrik yang berkualitas akan menyediakan garansi untuk konsumennya. Garansi tersebut ialah bentuk tanggung jawab atas pekerjaan yang mereka lakukan.

10. Dapatkan saya melihat proses pekerjaan?

Untuk memastikan kualitas pekerjaan, kita juga dapat meminta kesempatan untuk melihat langsung proses pemasangan listrik. Terdapat beberapa hal dalam prosedur instalasi listrik yang dapat kita lihat. Misalnya seperti merapikan kabel di dekat kotak sekering, memberikan label untuk membedakan kabel, serta menyebarkan kabel secara teratur.

0 Response to "10 Hal yang Perlu Ditanyakan Sebelum Menyewa Jasa Instalasi Listrik"

Posting Komentar