Gawat! Inilah Akibat Jika Anda Tidak Memanfaatkan e-Toll

Dewasa ini, Anda mungkin sering mendengar istilah e-Toll atau juga bisa dikatakan e-money yang berfungsi sebagai alat pembayaran elektronik pada Gerbang Tol Otomatis. Ini termasuk terobosan dari pemerintah dan sudah semestinya Anda manfaatkan fasilitas ini. Jika tidak, maka ada beberapa akibat yang akan Anda dapatkan, seperti yang berikut ini.

e-Toll

1. Harus Menunggu Antrean yang Panjang dan Melelahkan

Jika Anda tidak melewati jalur Gerbang Tol Otomatis (GTO), otomatis Anda juga tidak menggunakan e-money. Dua hal ini memang berkaitan erat. Hal ini juga mengindikasikan bahwa Anda harus masuk ke gerbang tol yang masih menggunakan sistem pembayaran manual (dengan uang tunai).

Bayanglan saja, ketika Anda berada pada antrean yang panjang dengan kondisi pembayaran yang manual seperti itu. Tentu saja, itu memakan waktu yang cukup lama sehingga menjadi tidak efisien. Jika menggunakan e-money, Anda hanya perlu menempelkannya pada alat yang telah disediakan. Setelah itu, gerbang tol terbuka dan Anda bisa melanjutkan perjalanan.

2. Bisa Menjadi Korban Tindak Kejahatan Uang Palsu

Apakah uang elektronik seperti e-Toll bisa dipalsukan? Potensinya sangat kecil! Namun, itu berbeda dengan uang tunai yang Anda gunakan. Sebagai contoh, ketika Anda melakukan pembayaran dengan uang tunai, kemudian Anda mendapatkan kembalian uang palsu, bagaimana? Rugi, kan?

Ya, meskipun nominalnya tidak seberapa, tapi jika itu terjadi pada banyak orang, tentu saja itu sangat menguntungkan bagi oknum yang bermain. Anda dan orang lain juga yang akan dirugikan.

3. Mendapatkan Kerugian Atas Selisih Kembalian Uang

Jika menggunakan uang tunai, bisa saja terjadi kesalahan dalam hal kembalian uang, atau istilah kerennya human errors. Sebagai contoh, Anda semestinya mendapatkan kembalian uang sebesar 18 ribu, namun karena kelalaian petugas tol, Anda hanya mendapati kembalian 16 ribu. Selisih 2 ribu.

Yang paling dikhawatirkan yaitu timbulnya potensi tindak kejahatan dalam hal memanfaatkan “kembalian uang”. Dengan kata lain, bisa saja hal tersebut menjadi bisnis penggelapan uang yang dilakukan oleh oknum petugas tol.

4. Bisa Pusing dan Ribet Ngumpulin Uang Receh

Bagi sebagian orang, mungkin mendapati kembalian uang pecahan kecil (receh) saat pembayaran di gerbang tol bisa menjadi masalah. Meskipun ini terlihat sederhana, tapi bisa menjadi sangat ribet.

Ribet seperti apa? Ya. Anda harus menyediakan sebuah tempat khusus untuk uang receh. Jika tidak, bisa saja uang receh tersebut tercecer di mana-mana alhasil Anda juga yang rugi. Itulah untungnya menggunakan e-money, uang receh sekali pun tersimpan rapi di dalam sistem.

Bagaimana? Apakah Anda mau menerima semua akibat tersebut? Itulah kenapa e-money dan GTO diciptakan oleh pemerintah. Ya, itu semua untuk kemudahan dan keamanan. Jika Anda ingin transaksi lebih cepat pada pembayaran di gerbang tol, mau menghindari uang palsu, dan menghindari kesalahan uang kembalian, maka gunakanlah e-money. Ok?

0 Response to "Gawat! Inilah Akibat Jika Anda Tidak Memanfaatkan e-Toll"

Posting Komentar