Wajib Gunakan E-Money di GTO? Tenang, 3 Kartu Ini Siap Sedia

E-Toll merupakan salah satu realisasi dari Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang berlaku sejak 31 Oktober lalu. Dalam pelaksanaannya, para pengguna jalan tol bisa menggunakan e-card untuk melakukan transaksi di gerbang tol otomatis. Berikut ini adalah 3 jenis kartu yang bisa digunakan sebagai akses masuk tol dan membayar biayanya.

Kartu e-Toll

1. E-Toll Card

Jenis kartu pertama untuk pembayaran non tunai di gerbang tol adalah e-Toll Card. Kartu ini memang diciptakan secara khusus untuk memenuhi sistem pembayaran non tunai atas penggunaan jalan tol. Saat ini, baik bank milik pemerintah, maupun milik swasta, sama-sama menerbitkan kartu ini. Anda bisa memilih yang paling sesuai.

Alangkah baiknya, pilihlah e-Toll Card yang diterbitkan oleh bank yang sama dengan nomor rekening. Hal ini tentu lebih mudah dan praktis. Saat isi ulang kartu di ATM bank penerbit, Anda bisa memperoleh biaya lebih murah sekaligus mengambil uang apabila sedang perlu melakukan penarikan uang tunai dari ATM.

Apabila Anda tidak ingin dikenakan biaya isi ulang alias free biaya administrasi, maka bisa melakukan top up di bawah Rp 200 ribu. Ketentuan ini berlaku untuk e-card dari setiap bank penerbit. Jadi, Anda tetap bisa mempunyai persediaan saldo e-card yang memadai plus gratis dengan top up secara berulang di bawah Rp 200 ribu.

2. Indomart Card

Jenis kartu selanjutnya adalah Indomart Card. Kartu ini tergolong fleksibel dengan fungsi gandanya, yaitu fungsi utama dan fungsi tambahan. Fungsi utamanya adalah untuk melakukan pembayaran saat berbelanja di Indomart. Lalu, fungsi tambahannya adalah bisa digunakan untuk membayar biaya penggunaan jalan tol.

Kemudahan ini sangatlah menguntungkan bagi Anda. Saat saldo e-Toll Card habis, maka kartu ini bisa menjadi solusinya. kemungkinan lain yang dapat terjadi, seperti lupa membawa kartu e-Toll dan hanya Indomart Card yang terbawa, maka bisa beralih menggunakan kartu ini. Cukup praktis, kan?

3. Gaz Card

Jenis kartu yang terakhir adalah Gaz Card, yaitu kartu yang berfungsi ganda. Terlihat dari namanya, Gaz Card merupakan kartu yang biasa digunakan untuk membayar BBM secara non tunai. Sejak diberlakukan sistem non tunai di GTO (Gerbang Tol Otomatis), Gaz Card ini bisa digunakan untuk membayar biaya akses jalan tol.

Dengan 2 fungsi tersebut, kartu ini sangat mampu melancarkan perjalanan Anda. Biaya untuk transportasi bisa di-cover oleh satu kartu, yaitu bisa membayar BBM dan membayar biaya akses jalan tol. Bagaimana? Praktis, kan? Kartu ini bisa diisi ulang di ATM penerbit agar biaya administrasi yang dibebankan lebih murah.

3 jenis kartu di atas sudah siap sedia untuk digunakan sebagai jalan transaksi non tunai di GTO. Anda bisa memilih di antara 3 jenis kartu di atas. Banyak kemudahan apabila menggunakan e-card, di antaranya mempercepat transaksi pembayaran, menghindari uang palsu, serta menghindari kesalahan penghitungan uang kembalian.

0 Response to "Wajib Gunakan E-Money di GTO? Tenang, 3 Kartu Ini Siap Sedia"

Posting Komentar