5 Pilihan Berita Nasional tentang Pilkada yang Patut Disimak

Pada bulan Juni 2018 mendatang, pilkada akan diadakan secara serentak di seluruh Indonesia. Setiap pasangan pun berlomba-lomba menarik simpati masyarakat di daerah masing-masing. Di antara berita nasional yang tersiar, tentu hanya ada beberapa yang menarik. Terutama yang berpangkal di daerah seputar Pulau Jawa. Selengkapnya, inilah 5 yang menarik.

Jawa Pos

1. Rakor Tertutup oleh Golkar untuk Khofifah dan Emil
Seperti sebelum-sebelumnya, setiap kali Golkar mengadakan Rakor untuk pemenangan paslon-nya selalu tertutup. Dengan kata lain, pihak media tidak bisa bebas meliput setiap kegiatan yang berlangsung sepanjang acara tersebut. Rakor tertutup ini dihadiri oleh semua pengurus DPD tingkat II di seluruh kota atau kabupaten se-Jatim.

Tentu saja dalam forum tersebut juga hadir Emil Elestianto Dardak dan Khofifah Indar Parawansa. Program yang akan dijalankan oleh pasangan ini punya sebutan Nawa Bakhti Satya. Mengenai bentuk implementasinya belum banyak yang tahu. Kita bisa simak sendiri ketika pasangan ini berhasil memenangkan pilkada.

2. Peringatan KPU Bojonegoro terhadap Politik Uang
Dalam pilkada sebelumnya, daerah Bojonegoro termasuk kecolongan. Pasalnya masih ada juga yang menggunakan siasat uang untuk melancarkan aksinya. Kendatipun banyak yang gagal, tetapi cukup meresahkan asas dasar pemilihan umum itu sendiri. Mengingat pemilihan umum itu harus dilakukan secara rahasia, umum, dan bebas. Tidak boleh ada pretensi.

Biasanya yang menjadi target atas politik uang adalah warga, PPK, dan juga PPS. Khusus untuk PPK dan PPS, KPU mengingatkan dengan tegas. Kalau ada yang mengiming-imingi dengan uang dan suapan lainnya, lebih baik ditolak dengan tegas. Tanpa boleh ditawar lagi. Biar ajang pemilihan umum tidak dikotori oleh niatan yang kurang baik.

3. Janji ASRI Tuntaskan Problematika Infrastruktur Daerah Sumsel
Sepertinya memang berita nasional yang membahas tentang pemilihan umum akan lebih banyak dipenuhi oleh janji-janji antar paslon. Sebagaimana dengan pasangan Aswari Rivai dengan Irwansyah atau yang dikenal dengan sebutan ASRI. Keduanya berjanji akan memperbaiki infrastruktur daerah Sumsel. Bahkan dalam waktu 100 hari kerja.

Janji tersebut diikrarkan karena kedua pasangan itu melihat banyak ketimpangan yang ada di lapangan. Khususnya yang berkaitan dengan kondisi para pedagang di pasar. Sebagaimana yang terjadi di daerah Ogan Komering Ulu yang membutuhkan waktu lama hanya untuk mengangkut sayuran.

4. Dukungan Besar PCNU Kebumen pada Pasangan Sudirman-Ida
Agaknya pemenangan pasangan calon kepala daerah masih berkaitan dengan ormas Islam. Mengingat mayoritas warga Indonesia itu beragama Islam. Seperti halnya dengan yang terjadi di Kebumen. Bahkan 5.000 kader PCNU Kebumen disiapkan untuk memenangkan pasangan ini menuju puncak kemenangan pilkada.

Menurut KH Masykur Rozaq, selaku ketua PCNU Kebumen, pasangan tersebut nantinya akan mampu membawa NU lebih solid. Keberadaan NU di Kebumen tidak boleh terpecah hanya karena salah memilih kepala daerah. Soalnya kepala daerah memiliki wewenang yang sangat penting dalam memajukan NU sebagai sendi utama bangunan rohani Kebumen.

5. Peluncuran Kaus Gus Ipul dan Putri dari Relawan PABJ
Berita nasional lengkap tentang pilkada itu rasanya bakal pas kalau bahas relawannya. Tanpa adanya relawan, mustahil pasangan yang diajukan bisa memenangkan persaingan menuju kepala daerah. Seperti dukungan yang mengalir ke pasangan yang maju ke pilkada Jatim ini. Bahkan kausnya dibikin dari kantong relawan itu sendiri. Mengharukan.

Pilkada yang jatuh pada bulan Juni mendatang diprediksi akan lebih panas dari sebelumnya. Banyak pula berita nasional yang turut memanaskan persaingan. Terutama bagi partai yang memiliki sejumlah media sebagai perantara untuk menyalurkan kampanye terselubungnya. Siapa pun yang jadi nanti, lebih baik program baiknya terus kita dukung sebaik mungkin.

0 Response to "5 Pilihan Berita Nasional tentang Pilkada yang Patut Disimak"

Posting Komentar